Ticker

6/recent/ticker-posts

Sederet Gelar Megawati Katanya Sangat Berarti Bagi Kemajuan Peradaban Umat Manusia | LihatSaja.Com

Sederet Gelar Megawati Soekarno Putri Katanya Sangat Berarti Bagi Kemajuan Ummat Manusia (LihatSaja.Com)

LIHATSAJA.COM - Mantan Presiden ke lima Megawati Soekarnoputri mendapatkan gelar profesor kehormatan (guru besar tidak tetap) dari Universitas Pertahanan RI. Selain gelar ini, Megawati juga pernah mendapatkan deretan gelar doktor kehormatan (honoris causa).

Sebagaimana yang diketahui, Universitas Pertahanan RI (Unhan RI) pada hari Jumat (11/6/2021), dijadwalkan telah menggelar sidang senat terbuka. Sidang ini digelar dalam rangka Pengukuhan Gelar Profesor Kehormatan (Guru Besar Tidak Tetap) Ilmu Pertahanan Bidang Kepemimpinan Strategik pada Fakultas Strategi untuk Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri.

Salah satu alasan pemberian gelar kehormatan ini adalah Megawati dianggap memiliki dan menguasai tacit knowledge tentang ilmu pertahanan, khususnya dalam bidang kepemimpinan strategis. Para guru besar disebut telah menilai kualitas itu dan sudah diaplikasikan dalam berbagai peran publik, yakni saat Megawati menjabat tiga periode anggota DPR yaitu pada tahun 1984-1999. Lalu saat menjabat wakil presiden sejak tahun 1999 hingga 2001 dan saat menjadi presiden dari tahun 2001 hingga tahun 2004.

“Juga saat menjadi Ketua Umum PDI Perjuangan sejak tahun 1999 hingga saat ini. Tacit knowledge ini bila diajarkan dan dibukukan bisa menjadi explicit or empirical knowledge, yang sangat berguna bagi peradaban umat manusia. Begitu pemikiran para guru besar,” kata Ketua DPP PDIP Rokhmin Dahuri, yang juga guru besar IPB, dalam sebuah keterangan tertulis, hari Kamis (10/6/2021).

Gelar profesor kehormatan untuk Megawati ini hanya satu dari deretan gelar yang pernah diterimanya. Berikut ini sederet gelar doktor honoris causa yang pernah diterima Megawati:

Gelar Megawati Soekarnoputri

Dr Hc dari Waseda Tokyo
Megawati menerima gelar doktor honoris causa dari Universitas Waseda Tokyo di Jepang pada tahun 2001.

Dr Hc dari Moscow State Institute of International Relation
Megawati juga pernah menerima gelar doktor honoris causa dari Moscow State Institute of International Relation di Rusia pada tahun 2003.

Dr Hc dari Korea Maritime and Ocean University
Megawati pun pernah mendapat gelar doktor honoris causa dari Korea Maritime and Ocean University di Korea Selatan pada tahun 2015.

Dr Hc dari Unpad
Meskipun pernah DO dari Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung, Megawati juga pernah memperoleh gelar doktor honoris causa dari kampusnya itu pada tahun 2016.

Dr Hc dari UNP
Megawati juga pernah mendapat gelar honoris causa dari Universitas Negeri Padang (UNP) pada tahun 2017.

Dr Hc dari Mokpo National University
Gelar doktor honoris causa keenam yang telah diperoleh Megawati berasal dari Mokpo National University di Korea Selatan pada tahun 2017.

Dr Hc dari Institut Pemerintahan Dalam Negeri
Megawati juga pernah memperoleh gelar doktor honoris causa bidang politik pemerintahan dari Institut Pemerintahan Dalam Negeri pada tahun 2018.

Dr Hc dari Fujian Normal University
Gelar doktor honoris causa kedelapan yang dimiliki Megawati adalah di bidang diplomasi ekonomi dari Fujian Normal University (FNU), Fuzhou, China pada tahun 2018.


Terimakasih telah mengunjungi Lihatsaja.com, jangan lupa untuk komentar, kritik dan saran tulisakan di bilah komentar, bagi yang berkenan silahkan share link artikle ini ke sosial media sahabat.

Post a Comment

1 Comments

  1. Megawati memang pintar, dia adalah pewaris otaknya bung Karno namun sangat di sayangkan tidak pada sasarang yang benar

    ReplyDelete

Komentar Anda akan memperbaiki kinerja Kami