Ticker

6/recent/ticker-posts

Miris, Masyarakat Aceh Tenggara Cari Upahan Ke Tanah Karo | LihatSaja.Com



LIHATSAJA.COM - Ribuan Masyarakat Kabupaten Aceh Tenggara berbondong-bondong pergi ke tanah karo untuk bekerja sebagai bruruh tani, tingginya kebutuhan dan minimnya penghasilan membuat begitu banyak masyarakat rela meninggalkan kampung halaman untuk mengumpulkan cuang di negeri sebrang.

Bekerja di tanah orang bukanlah pilihan selain gaji yang dibawah gaji harian, tapi setidaknya ada pekerjaan yang bisa mereka dapatkan demi bertahan hidup setidaknya hingga matahari tenggelam, berbeda dengan di Kabupaten Aceh Tenggara, standar upah antara 80 ribu hingga 100 rb sudah menjadi keharusan.

"Di kutacane gaji orang harian memang di atas tanah karo disini kami hari diberi gaji sebesar 70-80 ribuan tapi kerjanya ada setiap hari, berbeda dengan di Aceh Tenggara gaji kita biasanya seratus ribu, tapi kerja 2 hari bisa nggak kerja kita selama seminggu kedepan"

Tak cukup sampai disitu para buruh tani juga mendapatkan fasilitas yang terbilang buruk sebagai pekerja imigran, mereka mendapat tempat tinggal sebuah gubuk yang menjadi tempat tidur kaum laki-laki dan perempuan, tak ada wc atau jamban mereka juga hari mandi dengan air hujan atau air genangan.

Hal ini tentu berbeda di tempat yang lain namun bisa di pastikan keadaan ini hampir mirip bahkan ada yang lebih parah dari ini.

Dari sisi ekonomi ada beberapa kelebihan maupun kekurangan jika penduduk suatu daerah banyak bekerja di luar daerahnya sendiri.

Kelebihan.
  1. Dana luar akan di belanjakan di daerah sendiri, ini akan meningkat jumlah uang cash yang ada di daerah asal.
  2. Peningkatan ekonomi jangka pendek.
Kelemahan 
  1. Menunjukkan bahwa daerah kita lemah dan pemerintah kita gagal dalam menyediakan lapangan pekerjaan di dalam daerah.
  2. Ekonomi masyarakat yang sangat tergantung pada daerah luar.
  3. Terjadinya tindakan sewenang-wenang warga luar terhadap penentuan upah dasar minimal harian.
  4. Dari sisi keluarga pasti kurang harmonis karena komunikasi yang kurang.
  5. Perkembangan mental anak yang kurang asupan kasih sayang keluarga yang lengkap.
Bekerja di luar daerah memiliki dampak negatif dan positif.

Post a Comment

0 Comments