Ticker

6/recent/ticker-posts

Cerita Tani Budidaya Lobster Air Tawar Pasti Untung | Lihatsaja.com

Budidaya Lobster Air Tawar
Lihatsaja.com - Budidaya lobster khususnya lobster air tawar belum menjadi komoditi artinya harga lobster ditentukan oleh pembudidaya dan harga jualnya masih tinggi. 

Peluang ini dimanfaatkan oleh Gemma farm untuk fokus di budidaya lobster. Karena prospek pasar pasar sanggat tinggi budidaya lobster air tawar bisa meraup untung yang besar. 

 Selain menjual lobster Gemma farm juga memberikan pelatihan tentang cara budidaya lobster dengan harapan lobster bisa menjadi komoditi dan bisa dinikmati semua lapisan masyarakat.

Assalamualaikum wr wb....!

Perkenalkan nama saya  (Gema Paku Bumi) 

 Pembudidaya lobster air tawar di Gema farm untuk awalnya saya budidaya lobster dulu mulainya udah mulai banyak di ikan, lele, gurami, nila, patin, bahkan unggas kayak ayam serta bebek udah dan ternyata dan terakhir saya di sidat dan saya ingin mencari yang bisa melimpah di indonesia dan berfokuslah kita pada lobster saya gunakan sepetak kamar di kost jadi saya pakek-nya ember, bak bahkan saya dulu sampai melimpah banyak teman-teman dari fakultas pengen budidaya dari situlah berkembang-berkembang akhirnya kita ngajukan riset kita mengajukan kompetisi.

Akhirnya kita juga dapat permodalan dan kita bisa bikin kolam dan sebagainya dan disini kita berkembang di riset yang nantinya untuk perkembangan sebagai contoh kita sudah khusus lobsternya, lobster harapa/sofah udah bikin pupuknya kita juga bisa bikin culture-nya dan bisa di campur lobster ini dengan gurami.

 Untuk lobsternya disini banyak banget jenisnya lalu kita lakukan penelitian lobster sabit merah ini yang cepat pertumbuhannya dari pada yang lainya  ukurannya 10 cm bahkan lebih 25-35 cm bisa kemudian lobster ini kita perkenalkan ini kepada masyarakat , kalau di lobster ini simple semua bisa budidaya lobster  dan nantinya semua bisa menikmati lobster  karna lobster ini sejatinya sampai saat ini masih orang keatas yang menikmati.

Dari situlah kita berpikiran agar semua bisa menikmati bisa budidaya lobster  kalau untuk semengtaksi yang lain kita namanya ada pelatihan, sosialisasinya, bahkan kita ada pengolahannya, benih dan kita juga menghasilkan indukan  teman-teman bisa belajar.

 Lobster air tawar ini belum termasuk seperti lele dan ikan, gurami dan harganya sudah di tentukan pasar tapi  lobster ini beda karna dia memang masih ekslusif yang budidaya  yang punya prodak dialah yang menentukan harganya.

 Jadi lobster air tawar ini sebenarnya asalnya dari australia teman-teman jadi disana di budidayakan dalam 4 musim tapi di indonesia beda teman-teman kalau di indonesia dia memang memijah sepanjang tahun kurang lebih dua bulan sekali dan kelebihan lobster air tawar dia bisa pakek lahan sempit dia bisa pakek akuarium, kolam terpal, kolam semen bahkan di ember bisa dan perawatannya pun mudah.

Untuk makan juga mudah makan siang, sore, malam dan makannya pun ga ribet jadi makanya bisa biji-biji, sayur hewan-hewani itu bisa dan selain itu untuk lobster air tawar kita ga sering ganti air karna makanya sedikit jadi ketika airnya kotor kita tinggal sedot atau pakek filter itu sudah bisa di gunakan kendalanya dulu diawal-awal adalah media  yang media dll karna dulu awal-awalnya lobster ini hanya untuk jadi hiasan tapi seiring berjalanya waktu  kita kumpulkan dari ibu-ibu pertanian atau perikanan akhirnya sedikit-sedikit mereka terbuka akhirnya kita yakin berkolaborasi.

Lobster yang bernilai ekonomisnya paling tinggi untuk peluang pasar sebenarnya sementara pasar itu sangat panjang, seperti pengalaman kami ekpor dari singapur dan dari singapur pelatihan disini dan kebanyakan orang cina juga belajar kesini memang kebanyakan negara luar yang belajar kesini kalau untuk di lokalan masuk ke hotel, resto, pasar ternyata belum banyak yang mengenal lobster dan ini hanya segelintir orang yang menikmati lobster.

Jadi alangkah baiknya budidaya ini segera untuk kita tekuni untuk membantu budidaya lobster yang nantinya lobster ini semakin di kenal dan bisa masuk ke pasar tradisional dan bisa dinikmati kalangan bawah, menengah dan keatas agar bisa menikmati lobster ini.

Pesan untuk pemuda teman-teman yang ingin belajar budidaya lobster mulailah dengan perlengkapan karna waktu ga mungkin akan tepat yang tepat adalah tindakan kita, yang terpenting kita belajar dulu dengan modal seadanya dulu dengan belajar sebanyak-banyak mungkin dan pastinya minimalkan modal dulu  ketika sudah tau kapasitasnya produksi, ketika sudah tahu polanya barulah kita scale up permodalan.



(R. G. D.) 


Post a Comment

0 Comments