Ticker

6/recent/ticker-posts

Aceh Menyandang Gelar Termiskin di Sumatera Siapa yang Salah ? | LihatSaja.Com

LIHATSAJA.COM - Untuk mengukur kemiskinan, kemiskinan dipandang sebagai ketidak mampuan dari sisi ekonomi untuk memenuhi kebutuhan dasar makanan dan bukan makanan yang diukur dari sisi pengeluaran. 

Jadi Penduduk Miskin adalah penduduk yang memiliki rata-rata pengeluaran perkapita perbulan dibawah garis kemiskinan. 

Ada penjumlahan dari Garis Kemiskinan yaitu garis kemiskinan Makanan (GKM) 
Garis Kemiskinan Non Makanan (GKNM)
Penduduk yang memiliki rata-rata pengeluaran perkapita per bulan dibawah Garis Kemiskinan dikategorikan sebagai penduduk miskin.

Semua dasar dan rumus sudah di tentukan oleh badan statistik untuk mengukur garis kemiskinan masalahnya adalah bagaimana daerah tersebut mengatasi virus yang seharusnya sangat membahayakan masyarakat baik kesehatan masyarakat dan citra daerah tersebut (virus kemiskinan). 

Kita mengetahui setiap daerah mempumyai program kepala daerah yang pada dasarnya tetap dalam gaungam mensejahterakan masyarakat namun sampai saat ini kita belum tahu bagaimana arti sejahtera tersebut bagi masyarakat.

Pertanyaanya apakah salah pemerintah daerah atau masalah masyarakat ? Dua pertanyaan inilah menjadi PR bagi pemerintah dan masyarakat sendiri untuk menyelesaikannya, pastinya saling bersinergi dan bekerja sama dapat meringankan angka kemisminan tersebut.

 Aceh kita ketahui punya otonom kusus dan  daerah yang sangat kaya akan agraria namun masih saja menyandang gelar provinsi termiskin, menyandang gelar tersebut merupakan tamparan keras bagi pemerintah daerah tersebut. 

Melihat fakta sejarah akan kekayaan aceh serta daerah yang pernah begitu gemilang pada masanya menjadi keterbalikan saat ini namun jika di alih alih menjadi perdebatan semata alangkah baiknya semua lembaga bersinergi untuk mengembalikan kejayaan masyarakat aceh agar aceh tetap dengan aceh yang semstinya. Ujar Formatur Ipmat Medan Priode 2021 2023 Patdli irsan.


(R. G.  D)

Post a Comment

0 Comments