Ticker

6/recent/ticker-posts

Aseton selain berfungsi cat kuku juga bisa membersihkan benda dirumah | LihatSaja.com

LIHATSAJA.COM - Selama ini kita mengenal aseton kerap kali digunakan untuk membersihkan cat kuku yang pada kuku-kuku jari kita. 

Rupanya cairan ini tak hanya bisa melakukan tugas kecil membersihkan kuku saja, aseton diketahui bisa membantumu membersihkan benda-benda di rumah. Dilansir dari - KOMPAS.com

Bahan kimia ini serbaguna, murah dan sangat membantu pekerjaan membersihkan rumah dari noda-noda membandel.

Namun yang perlu digarisbawahi, aseton sangat mudah terbakar, jadi jangan pernah digunakan di dekat api atau sumber panas.

Dapat mengiritasi paru-paru dan selaput lendir, sehingga harus selalu digunakan dengan ventilasi yang baik, dan dapat membuat kulit kering dan pecah-pecah, jadi pakailah sarung tangan saat menggunakannya.

Saat menggunakan bahan kimia yang kuat, pertama-tama uji bagian yang tidak terlihat dengan sedikit aseton untuk memastikan tidak ada efek yang tidak diinginkan.

Dikutip dari Bobvilla, Minggu (27/2/2021), berikut adalah sembilan kegunaan aseton untuk membantu pekerjaan rumah tangga yang bisa kamu terapkan.

1. Menghilangkan bekas lecet
Jika kamu mendapati bekas hitam karena ubin di rumah kecet akibat gesekan, kamu bisa menghilangkannya dengan aseton.

Caranya, cukup tuangkan beberapa sendok teh aseton ke kain lap atau tisu bersih, dan lap bagian lecet yang mengganggu tersebut. 

Kemudian bersihkan area tersebut dengan lap bersih yang dibasahi air untuk menghilangkan sisa aseton yang tertinggal.

Namun, jangan mencobanya di lantai kayu, karena aseton dapat menghilangkan lapisan dan meninggalkan bekas permanen pada kayu. 

Setelah selesai, buang kain lap yang dibasahi aseton, atau biarkan mengering lalu cuci seperti biasa.

2. Noda bekas kopi dan teh pada mug
Jika mug keramik atau gelas favoritmu memiliki noda kopi atau teh cokelat yang tidak bisa hilang dengan pencucian biasa, aseton dapat membantu menghilangkan noda dari mug.

Cukup tuangkan satu atau dua sendok teh aseton ke dalam mug, gosokkan pada area bernoda dengan spons atau kain lap, lalu cuci mug seperti biasa.

Buang lap atau spons setelah digunakan dengan aseton, atau biarkan mengering lalu bilas dengan sabun dan air bersih.

3. Melepaskan lem super
Ini mungkin sering terjadi padamu atau anggota keluarga yang lain, saat menggunakan lem super, kamu secara tidak sengaja terkena beberapa tetes lem di ujung jari, yang membuat jari-jari saling menempel.

Atau mungkin kamu ingin menggunakan lem, tetapi tak bisa melepaskan penutupnya karena lem yang mengering.

Jika masalah ini terjadi,aseton bisa menjadi jalan keluar.

Caranya, gosokkan bola kapas yang dibasahi aseton ke area masalah. Ini akan melarutkan lem super yang kering atau lengket.

4. Menghapus cat di kaca
Saat kamu mengecat pinggiran di sekitar jendela, bintik-bintik cat secara tidak sengaja terkena permukaan kaca. 

Untuk menghilangkannya, kamu bisa menggunakan aseton.

Siapkan bola kapas yang dibasahi aseton pada noda cat selama beberapa menit, lalu gunakan kain lap bersih dan kering untuk mengelap cat.

5. Menghilangkan goresan
Jika ada goresan kecil pada tampilan jam plastik, bingkai foto, furnitur, atau benda plastik keras lainnya, kamu bisa menghaluskan goresan dengan aseton.

Celupkan kapas ke dalam aseton secukupnya hingga hampir tidak membasahinya, lalu gosok perlahan kapas ke area yang tergores.

Aseton akan sedikit melarutkan plastiknya sehingga bisa kembali menghaluskan goresan.

Lakukan ini dengan perlahan dan hati-hati, karena terlalu banyak menggosok dapat memperburuk kerusakan.

6. Disinfeksi alat perawatan
Alat perawatan logam kecil, termasuk pisau cukur, penjepit, gunting, dan gunting kuku, cenderung menyimpan kuman yang berpotensi menyebabkan iritasi atau infeksi kulit.

Desinfeksi alat kecantikan dan perawatan ini secara berkala dengan menyekanya menggunakan bola kapas yang dibasahi aseton, lalu membilasnya dengan air sebelum menyekanya hingga kering menggunakan handuk bersih.

7. Hilangkan noda tinta pada kain
Jika kamu secara tidak sengaja menumpahkan tinta pada kemeja favorit, aseton dapat membantu. Ambil saja sebotol cairan penghapus cat kuku berbahan dasar aseton, campurkan satu bagian aseton dengan dua bagian air.

8. Membersihkan bak mandi
Jika bak mandi porselen memiliki kotoran kecoklatan, atau ada bekas bekas sabun di sekitar penutup ubin kamar mandi, kenakan sarung tangan pembersih dan campurkan larutan 50/50 air dan aseton.

Celupkan kain ke dalam larutan, oleskan secara bebas ke area yang kotor, lalu gunakan sikat gosok untuk menyikat dan menghilangkan seluruh kotoran. 

Setelah selesai, bilas bak mandi yang sekarang sudah bersih dengan air dan buang kain lap atau biarkan mengering sebelum dicuci seperti biasa.

9. Hilangkan plastik yang meleleh
Entah kantong plastik roti secara tidak sengaja bersentuhan dengan pemanggang roti yang panas, atau kamu membiarkan spatula berbahan plastik berada di tepi wajan panas, plastik yang meleleh biasa terjadi di dapur.

Namun berkat kemampuan aseton untuk melelehkan banyak plastik, kamu dapat menggunakan pelarut untuk membersihkan kotoran.

Pertama, pastikan wajan, pemanggang roti, atau benda logam lainnya benar-benar dingin dan dicabut. 

Kemudian, gunakan lap untuk menyeka plastik leleh dengan aseton hingga plastik mulai kendur.

Lanjutkan hingga kotoran hilang, lalu gunakan air bersih untuk membilas noda secara menyeluruh sebelum mengeringkannya dengan handuk bersih.


(SQ)

Post a Comment

0 Comments