Ticker

6/recent/ticker-posts

Jadwal Pendaftaran dan Formasi Terbaru CPNS 2021 | LihatSaja.com

LIHATSAJA.COM - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) memastikan pendaftaran Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) atau Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) akan dibuka pada Mei mendatang.

Pembukaan pendaftaran CPNS ini dilakukan setelah pada tahun lalu ditiadakan karena Pemerintah fokus pada penanganan dampak pandemi Covid-19. Dilansir dari - CNBC Indonesia

"Pendaftaran dibuka April-Mei nanti," ujar Menteri PAN RB Tjahjo Kumolo saat melakukan konferensi pers Pengadaan CASN Tahun 2021 pada akhir pekan ini.

Tjahjo mengatakan, beberapa instansi baik pusat maupun daerah sudah menyampaikan usulan formasi ke Kemenpan RB. 

Oleh karenanya, sebentar lagi sudah bisa dilakukan pengumuman pendaftaran.

"Pengadaan ASN, pemda sudah sampaikan usulan dengan pertimbangkan analisis jabatan dan beban kerja, dan Kemenpan RB menetapkan kebutuhan ASN dengan mempertimbangkan keputusan Menteri Keuangan dan kepala BKN," ujarnya.

Menurutnya Tjahjo, untuk tahun ini total kebutuhan ASN sebanyak 1.275.384 formasi. Kebutuhan ini terdiri dari untuk Pemerintah Pusat 83.669, Pemerintah Daerah 1.191.718 formasi.

Untuk kebutuhan Pemda terdiri dari guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) sebanyak 1.002.616 formasi dan PPPK non guru 70.008 formasi serta CPNS 119.094 formasi.

Ia menjelaskan, dari jumlah formasi tersebut sudah ada sebanyak 546 instansi yang mengajukan dokumen dengan lengkap yang terdiri dari 56 K/L, 34 pemerintah provinsi dan 456 Pemerintah Kabupaten/Kota.

Sedangkan, 46 instansi sudah menyampaikan usulan kebutuhan CPNS, namun syaratnya belum lengkap, sehingga belum bisa ditindaklanjuti.

"Saya harap para Pemda ini bisa lengkapi dokumen pengajuan kebutuhan ASN ini," kata Tjahjo.

Sementara itu, ada 27 instansi yang tidak mengusulkan kebutuhan ASn untuk tahun ini, yang terdiri dari 23 K/L dan 4 Pemerintah Kabupaten/Kota.



(SQ)

Post a Comment

0 Comments