Ticker

6/recent/ticker-posts

Prakerja Gelombang 11 Dibuka, Target 5,6 Juta Orang Sudah Tercapai

JAKARTA - Pemerintah akan membuka peluang pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 11. Meskipun saat ini jumlah peserta sudah mencapai target 5,6 juta orang. 



Ketua Tim Pelaksana Komite Cipta Kerja Rudy Salahuddin mengatakan, pihaknya masih menunggu keputusan Komite Cipta Kerja terkait gelombang baru tersebut. 

Pihaknya pun mengaku sudah siap jika mendapatkan perintah untuk membuka kembali pendaftaran peserta kartu pra kerja gelombang 11. 

 “Intinya kami terbuka apabila akan menggelar gelombang 11. Namun, akan ada time limitnya (batas waktu),” ujarnya dalam acara diskusi virtual, Rabu (14/10/2020). 

 Menurut Rudy, peluang terbukanya kembali pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 11 karena beberapa peserta yang dicabut kepesertaannya. 

Tercatat ada sekitar, 310.212 yang status kepesertaannya dicabut karena beberapa hal. Misalnya, karena para peserta tidak membelanjakan dana yang disediakan untuk membeli paket pelatihan. Padahal para peserta Kartu Prakerja harus membelanjakan Rp1.000.000 untuk membeli paket pelatihannya setelah dicairkan. 

Pencabutan status kepesertaan itu mengacu pada Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Nomor 11 Tahun 2020. Dalam beleid tersebut diterangkan, penerima kartu pra kerja yang tidak memilih pelatihan dalam waktu 30 hari akan digugurkan sebagai peserta. Dari kepesertaan yang dicabut itu, dana yang tak terpakainya akan dikembalikan kepada bendahara negara. Atau opsi lainnya adalah mengupayakan agar insentif milik peserta yang gugur dapat digunakan untuk membuka gelombang lanjutan. 

 Sebagai gambaran, pemerintah sendiri memberikan insentif sebesar Rp3.550.000 kepada masing-masing peserta. Adapun rinciannya adalah Rp1.000.000 digunakan untuk biaya pelatihan. Kemudian pemerintah akan memberikan insentif tambahan sebesar Rp2,4 juta yang akan diberikan masing-masing Rp600.000 selama 4 kali. Lalu pemerintah juga memberikan insentif untuk pengisian survey sebesar Rp150.000 kepada para peserta. 

 Jika dihitung, maka ada dana Rp1,10 triliun yang tidak terpakai dari peserta yang digugurkan. Angka tersebut didapat dari Rp3.550.000 dikalikan jumlah peserta yang digugurkan. “Kami masih menunggu apakah uang itu bisa dikembalikan lagi untuk membuka gelombang 11,” ucapnya.

 
Terimakasih telah mengunjungi kami, jangan lupa untuk komentar, kritik dan saran tulisakan di bilah komentar, bagi yang berkenan silahkan share link artikle ini ke sosial media sahabat.

Post a Comment

0 Comments