Ticker

6/recent/ticker-posts

Jokowi : Indonesia Negara Vaksinasi Terbesar Ketiga di Asia | LihatSaja.com

LIHATSAJA.COM - Indonesia telah menerima batch kedua vaksin Covid-19 AstraZeneca sebanyak 3,8 juta dosis pada Senin, 26 April 2021 malam.

Sebelumnya pada batch pertama, Indonesia juga telah menerima sebanyak 1,1 juta dosis vaksin AstraZeneca pada 3 Maret 2021 lalu.

Menanggapi kedatangan vaksin AstraZeneca batch kedua itu, Presiden Jokowi mengatakan pemerintah terus-menerus mengupayakan diplomasi terbaik untuk menjamin ketersediaan stok vaksin Covid-19.

"Semalam, sebanyak 3,852 juta dosis vaksin siap pakai AstraZeneca dari Covax Facility kembali tiba di Indonesia melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta," tulis Jokowi di akun media sosialnya pada Selasa, 27 April 2021.

Jokowi menyebutkan vaksin-vaksin ini seluruhnya untuk mendukung program vaksinasi massal di seluruh pelosok Tanah Air.

Dia juga menyebutkan Indonesia menjadi negara terbesar ketiga di kawasan Asia dalam pemberian vaksin.

"Indonesia saat ini menjadi negara dengan jumlah pemberian vaksin Covid-19 terbesar ketiga di kawasan Asia setelah Republik Rakyat Tiongkok dan India," tambahnya.

Meski demikian, kata Jokowi untuk mencapai tujuannya, program vaksinasi massal yang diberikan secara gratis oleh pemerintah masih memerlukan dukungan semua pihak.

"Belajar dari munculnya gelombang baru di sejumlah negara, kita harus bekerja keras agar kejadian serupa tidak terjadi di Indonesia," kata Jokowi.

Dikutip dari laman setkab.go.id, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menyampaikan keprihatinan menyaksikan terjadinya gelombang baru di banyak negara dunia serta ditemukannya varian baru di beberapa negara.

"Kita juga melihat kebutuhan dunia akan vaksin semakin meningkat dan di sana-sini kita melihat terjadinya perlambatan pengiriman vaksin di seluruh dunia. 

Keadaan baru ini mengharuskan pemerintah Indonesia bekerja lebih keras agar ketersediaan vaksin yang aman bagi rakyat Indonesia dapat tercukupi," kata Retno.

Menlu juga menyampaikan terima kasih kepada GAVI, WHO, UNICEF, dan CEPI yang telah memberikan kerja sama yang sangat baik sehingga pengiriman vaksin multilateral ini dapat berlanjut di tengah tantangan-tantangan baru yang muncul.


(R. G. D)

Post a Comment

0 Comments