Ticker

6/recent/ticker-posts

John McAfee didakwa karena penggelapan pajak, ditangkap di Spanyol

 (Bisnis CNN) John McAfee, raja perangkat lunak antivirus dan mantan kandidat presiden Libertarian, telah didakwa atas penggelapan pajak.

McAfee diduga gagal mengajukan pajaknya selama empat tahun meskipun menghasilkan jutaan pendapatan antara 2014 dan 2018 dari mempromosikan cryptocurrency, pekerjaan konsultasi, ceramah, dan menjual hak atas kisah hidupnya untuk sebuah film dokumenter, menurut dakwaan yang diajukan di Distrik AS Pengadilan untuk Distrik Barat Tennessee.



Dakwaan tersebut menuduh bahwa McAfee menghindari pajak dengan meminta penghasilannya dibayarkan ke rekening bank dan akun cryptocurrency atas nama orang lain, sementara juga menggunakan nama orang lain untuk menyembunyikan kepemilikan properti dan aset termasuk kapal pesiar.

Jumlah hutang McAfee tidak disebutkan dalam surat dakwaan.

Surat dakwaan 15 Juni 2020 dibuka setelah penangkapan McAfee di Spanyol di mana dia menunggu ekstradisi, kata jaksa penuntut.

Menurut lampiran dakwaan, jika terbukti bersalah, McAfee menghadapi hukuman maksimal lima tahun penjara untuk setiap penghindaran pajak dan maksimal satu tahun untuk setiap tuduhan kegagalan yang disengaja untuk mengajukan pengembalian pajak. McAfee juga menghadapi periode pembebasan yang diawasi, restitusi, dan lebih dari $ 350.000 dalam denda moneter, menurut dakwaan.

Taipan keamanan siber itu juga terkena gugatan dari Securities and Exchange Commission pada hari Senin, menuduhnya menghasilkan jutaan dengan merekomendasikan beberapa penawaran koin awal cryptocurrency (ICO) di Twitter tanpa mengungkapkan bahwa dia dibayar untuk mempromosikannya oleh perusahaan yang menerbitkan persembahan.

Dia juga "secara salah mengklaim sebagai investor dan / atau penasihat teknis ketika dia merekomendasikan beberapa ICO," kata SEC dalam keluhannya. SEC menuduh ini memberi kesan bahwa dia telah memeriksa perusahaan yang terlibat dan bahwa dia bersedia menginvestasikan uangnya sendiri di dalamnya.

"Pada kenyataannya, tweet McAfee adalah promosi berbayar yang disamarkan sebagai nasihat investasi yang tidak memihak," tambah pengaduan itu.

SEC mengatakan McAfee menghasilkan lebih dari $ 23 juta dari rekomendasinya, yang oleh agensi disebut sebagai "secara material salah dan menyesatkan karena beberapa alasan."

Post a Comment

0 Comments