Ticker

6/recent/ticker-posts

[CEK FAKTA] Prakerja Gelombang 12 Sudah Dibuka? | Lihatsaja.com

LihatSaja.com - Pemerintah secara resmi akan melanjutkan program Kartu Prakerja di tahun 2021 mendatang.

Tahun ini program kartu prakerja diselenggarakan dengan menggunakan dana sebesar Rp20 triliun.

Sedangkan, tahun depan program ini juga akan dilanjutkan namun dengan dana yang kembali seperti perencanaan yakni Rp10 triliun.


"Tahun depan kita akan kembali ke dana yang Rp10 triliun karena program bantuan pemerintah disesuaikan dengan situasi dengan harapannya pandemi ini akan turun," tutur Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto Selasa 15 Desember 2020.

Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari mengatakan, penerima program kartu prakerja hanya memiliki kesempatan satu kali. Maksudnya, jika tahun ini sudah menerima manfaat dari program kartu prakerja, maka tahun depan tidak akan bisa menerima lagi.

"Peserta yang sudah menerima bantuan untuk tahun ini tidak akan menerima lagi tahun depan. Kami kedepankan prinsip pemerataan," ujar Denni.

Selain syarat diatas, ada syarat untuk mendaftar Kartu Prakerja:

Mengutip Pasal 2 Permenko Nomor 11 Tahun 2020, Kartu Prakerja diberikan kepada para pencari kerja dengan rincian sebagai berikut:

1. Pekerja/buruh yang terkena PHK

2. Pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, termasuk pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima buruh, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.

Adapun, para pencari kerja dan pekerja/buruh yang dimaksud harus memenuhi persyaratan berikut:

1. Warga Negara Indonesia (WNI), dibuktikan dengan KTP

2. Berusia paling rendah 18 tahun

3. Tidak sedang mengikuti pendidikan formal
4. Pihak yang tidak dapat memperoleh Kartu Prakerja diantaranya Pejabat negara, Pimpinan dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Aparatur Sipil Negara (ASN), Prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI), Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri), Kepala desa dan perangkat desa, Direksi, komisaris, dan dewan pengawas pada BUMN atau BUMD.
5. Lantas apakah Kartu Prakerja sudah dibuka?

Disejumlah grup WA beredar alamat pendaftaran Prakerja https://www.lb9t2m.top/app/job/index.php#1608504683534.

LihatSaja.com mencoba membuka website tersebut. Dalam tulisannya, warga diajak untuk mengisi data.

"Registrasi Program Kartu Prakerja

Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi berupa bantuan biaya sebesar 600 ribu rupiah yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja ter-PHK atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi.

Bantuan dana sebesar 600 ribu rupiah akan diberikan setiap bulan selama program ini berjalan

Layanan ini tidak dikenakan biaya apapun (GRATIS)

108336 Orang telah Mendaftar," tulis dasboard web tersebut.

Apakah itu benar?

Managemen Prakerja memastikan Alamat situs Kartu Prakerja yang resmi hanya www.prakerja.go.id.

Dalam keterangan resmi di Instagram prakerja.go,id, masyarakat diminta menanyakan ke nomor 0800-150-3001 (bebas pulsa) jika ingin menanyakan soal program prakerja.

"Sobat Prakerja, mohon waspada terhadap segala bentuk penipuan yang mengatasnamakan Kartu Prakerja.

Alamat situs Kartu Prakerja yang resmi hanya www.prakerja.go.id.

Pastikan Sobat tidak memberikan data pribadi seperti NIK (Nomor Induk Kependudukan), nomor KK (Kartu Keluarga), nomor HP, alamat email, atau data pribadi lainnya kepada pihak yang tidak bertanggung jawab.

Jadi, pastikan Sobat hanya mengunjungi situs Kartu Prakerja yang resmi, ya!

Selain itu, jangan percaya bila Sobat menerima email yang tidak menggunakan domain email resmi Kartu Prakerja. Domain email resmi Kartu Prakerja hanya prakerja.go.id

Bila Sobat menemukan informasi mencurigakan yang mengatasnamakan Kartu Prakerja, silakan laporkan melalui nomor layanan masyarakat Kartu Prakerja berikut ini:
ㅤㅤ
☎️ 0800-150-3001 (bebas pulsa)," tulis instagram prakerja.go.id beberapa waktu lalu menyikapi banyaknya alamat palsu prakerja.

KESIMPULAN: Link https://www.lb9t2m.top/app/job/index.php#1608504683534 adalah palsu. Managemen hanya membuka pendaftaran kartu Prakerja di www.prakerja.go.id.***

Post a Comment

0 Comments