Ticker

6/recent/ticker-posts

Tips Ternak Ikan Sidat Untung Berlipat I Lihatsaja.com

Lihatsaja.com - Budidaya ikan sidat termasuk usaha yang menjanjikan namun minat masyarakat untuk mengembangkan sangatlah rendah.

Ini dipengaruhi banyak faktor dan salah satunya adalah waktu pembesaran ikan sidat yang cukup lama dan keterbatasan bibit sidat. 

Ikan Sidat (Aguilla sp.) merupakan jenis ikan konsumsi yang banyak diminati masyarakat luas terutama Negara Japan dan Korea. 

Didalam 100 gram ikan sidat mengandung sekitar 1337 mg DHA yang berfungsi untuk meninggkatkan kecerdasan otak. 

Jika dibandingkan dengan ikan Salmon yang hanya mengandung 820 mg, DHA pada ikan Sidat jauh lebih tinggi.

Upaya pemerintah Indonesia untuk mengembangkan ikan sidat didasarkan pada peraturan mentri kelautan dan perikanan No 18/Men/2009 tentang larangan pengeluaran benih sidat (Silver sp.) ukuran minimal 100 gram. 

Dari wilayah RI. (KKP.2010). Upaya ini diambil mengingat ikan sidat belum bias dibenihkan dan benih masih didapat dari hasil tangkapan alam.

Tujuan pemerintah terkait peraturan kementrian kelautan tersebut untuk meningkatkan produksi ikan sidat.

Diwilayah Indonesia mengingat Indonesia masih berada diurutan ke-6 dari Negara penghasil ikan Sidat di kawasan Asia. 

Pada tahun 1995 kebutuhan ikan Sidat dunia menembus angka 205.000 ton, ini menjadi salah satu bukti nyata yang dimiliki ikan Sidat sebagai peluang usaha.

Cara budidaya sidat yang baik dan benar menjadi penunjang keberhasilan dalam budidaya. 

Ikan Sidat merupakan hewan yang aktif di malam hari (Nokturnal) dan bertahan baik pada suhu 29-30?C. 

Ikan sidat juga sangat dipengaruhi dengan kondisi PH keasaman air, upayakan suhu tempat pemeliharaan ikan sidat berPH 6,9-7,5. 

Berikut adalah langkah-langkah membudidayakan ikan sidat di kolam terpal maupun kolam beton.

Mempersiapkan Media Kolam Budidaya Sidat, sidat bisa dibudidayakan dikolam beton maupun kolam terpal, yang menjadi titik acuannya adalah kesingkronan dari keseluruhan kompenem budidaya. 

Ikan sidat mampu bertahan pada suhu diatas 30?C dan maksimal 40?C di daerah sub tropis.

Jika dikembangkan didaerah tropis, ikan sidat akan jauh lebih bila dipertahankan pada suhu 29-30?C.

Lakukan penyetingan media budidaya sedemikian rupa dengan membuat media seperti air yang mengalir.

Penyetingan ini tentu melibatkan banyak peralatan bantuan, misalnya pompa air, aerattor, selang, pipa, dan berbagai macam peralatan tambahan lainya.

Media kolam yang dapat dibuat memiliki 2 kisaran yaitu kolam pendederan dan kolam pembesaran. 

Kolam pendederan merupakan tempat pemeliharaan benih dibawah 2-3 gram, sedangkan kolam pembesaran diperuntukan benih sidat yang berukuran diatas 2-3 gram.

Teknik Pembesaran Sidat pendederan, untuk tahap pendederan diperlukan beberapa tahap.

Pada tahap pertama lebih fokus ke adaptasi lingkungan baru, dimana setiap bibit membutuhkan waktu beradaptasi dahulu sebelum berkembang. 

Sedangkan tahap kedua saat ukuran sidat memasuki angka 2-3 gram per ekor. Dalam proses budidaya sidat kedua ini pisahkan sidat dengan berat 2-3 gram lalu masuk ke tahap pembesaran.

Benih Glass Eel Ikan sidat yang berukuran 0,18 gram dimasukan kedalam kolam pendederan yang telah dipersiapkan dengan kepadatan benih Glass Eel 0,5 gram/meter persegi.

Wadah pemeliharaan harus selalu bersih, karena ikan sidat dipelihara di air yang bersih, dan lama pemeliharaan yaitu selama 2 bulan hingga mencapai ukuran Elver (2-3 gram).

Pakan yang diberikan berupa cacing sutra (Tubifex) dan pakan buatan (Pelet) dengan kandungan protein 52-54% dan diberikan 3 kali sehari.
Pembesaran

Benih sidat Elver yang sudah mencapai ukuran (2-3 gram) dipelihara pada kolam pembesaran dengan kedalaman sekitar 1-1,5 m.

Pakan yang diberikan sudah berupa pakan buatan pellet (fasta) dengan kandungan protein 30-35 % dan kepadatan tebar berkisar 20-30/meter persegi.

Pemberian Pakan, proses pemberian pakan sidat terdiri dari beberapa komposisi yakni protein sebesar 45%, lemak 20%, dan karbohidrat sebesar 18%. Memberikan pakan dalam budidaya sidat bisa jadi satu cara cepat mendapatkan ukuran sidat lebih besar.

Budidaya ikan sidat merupakan budidaya yang cukup menjanjikan jika penanganannya dilakukan dengan baik dan benar, jika semua hal diatas sudah diperhatikan dan diterapkan secara teratur, maka budidaya yang anda lakukan akan menjadi usaha yang bisa menjadi ladang penghasilan bagi anda.

Menjadi pembudidaya itu keren,  ayo terus beternak dengan semanggat untuk bangsa, negara, mari menjadi orang yang cerdas dan bermanfaat.


(R. G. D.)

Post a Comment

0 Comments