Ticker

6/recent/ticker-posts

Ungkap ini Kronologi Bentrokan Massa di Acara HMI Polman Sulbar | LihatSaja.Com

LIHATSAJA.COM - Bentrokan melibatkan puluhan mahasiswa terjadi di halaman kampus Universitas Al Asyariah Mandar (Unasman). 

Bentrokan dipicu perusakan atribut organisasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), yang diduga dilakukan oknum mahasiswa dari sebuah organisasi.

Bentrokan ini terjadi jelang pembukaan kegiatan Intermediate Training (LKII) yang digelar pengurus HMI Cabang Polewali Mandar, di Auditorium Unasman, Jalan Hos Cokroaminoto, Kelurahan Madatte, Kecamatan Polewali, Kabupaten Polewali Mandar.

"Awal mulanya kegiatan itu, mulai dari pagi mungkin sekitar pukul 06:00 atau 06:30 ada perusakan, di situ teman-teman sudah mulai berkumpul. Kemudian pada sekitar pukul 11:00-12:00, teman-teman dari PMII (Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia) tiba-tiba datang masuk ke aula, kemudian merobek baliho kami dan menghamburkan kursi-kursi yang sudah kami susun," kata ketua panitia kegiatan Intermediate Training, Asdi Aslan kepada wartawan di lokasi kejadian, Sabtu (20/02/2021).

Kendati sempat memberikan penjelasan bahwa kegiatan yang digelar oleh pihaknya mendapat izin dari pihak kampus, Asdi menyebut massa justru tak terkendali.

"Tiba-tiba ada bahasa yang memberontak, berteriak, bagaimana caranya agar bendera dan umbul-umbul yang kami pasang harus dilepas. Saya sempat bertahan, dan mengatakan, jika bendera HMI harus dilepas, maka bendera PMII juga harus dilepas," terangnya.

Suasana semakin memanas, ketika mahasiswa dari dua organisasi ini, terlibat saling serang dan baku pukul. "Di situ lah mulai baku serang antar teman-teman HMI dan PMII. 

Lokasi pertama di belakang sana, ada teman-teman kami yang diinjak-injak, kemudian saya masih bisa melerai," beber Asdi.

Selanjutnya, kata dia, saat desakan agar bendera HMI dicopot kembali terdengar. Dirinya juga mendapat pukulan hingga tidak sadarkan diri.

"Selanjutnya ada bahasa yang saya dengar bendera HMI itu akan diambil, dan saya katakan jika bendera HMI diambil bendera PMII juga harus diambil, di situ tiba-tiba saya kena pukul juga dan saya jatuh pingsan. 

Ketika berada di rumah sakit, saya dapat info bahwa masih ada konflik yang terjadi antara teman-teman HMI dan PMII, " ungkap Asdi.

Asdi menegaskan, ada upaya untuk membatalkan kegiatan HMI. Dia memastikan, aksi penyerangan ini akan dilaporkan kepada pihak berwajib.

"Tadi sempat kita dengar bahwa kegiatan kami akan dibatalkan, tapi kami tetap bertahan, karena kegiatan yang kami lakukan sesuai administrasi yang ada di Unasman. 

Kami akan melaporkan kepada pihak berwajib," pungkasnya.

Sementara itu, Sekretaris PMII Cabang Polewali Mandar Asrul berharap, agar akar persoalan pemicu keributan yang melibatkan kader dua organisasi mahasiswa ini, bisa disimpulkan berdasarkan keterangan kedua belah pihak. - dilansir dari DetikNews.

(P.I)

Post a Comment

0 Comments