Ticker

6/recent/ticker-posts

Proyek Ibu Kota Baru, Istana Ditargetkan Dibangun Tahun Ini | LihatSaja.com


LIHATSAJA.COM - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa menyatakan proyek ibu kota baru akan tetap berjalan pada tahun ini. Bahkan, gedung Istana Negara akan dibangun mulai tahun ini juga.

"Kita optimistis, mudah-mudahan Istana Presiden bisa di-ground breaking (mulai dibangun) pada tahun ini," ucap Suharso saat rapat kerja bersama Komisi XI DPR, Rabu (17/3).

Suharso mengatakan Istana Negara menjadi salah satu bagian dari pembangunan yang dimulai tahun ini agar proyek cepat selesai. Apalagi pemerintah menargetkan gedung itu sudah bisa digunakan pada 2024 mendatang.


"Maka tanggal 17 Agustus 2024 itu, Presiden bisa melaksanakan peringatan 17 Agustus di ibu kota negara yang baru," imbuhnya.

Selanjutnya, beberapa proyek lain yang terkait ibu kota negara baru juga akan dilakukan pada tahun ini. Namun, ia belum menyebut lebih rinci.

Yang pasti, Suharso menekankan proyek ibu kota negara baru tetap berjalan pada tahun ini karena bisa memberi daya ungkit ke perekonomian nasional. Khususnya, di wilayah Indonesia timur dan nasional secara keseluruhan.

"Utamanya, sektor konstruksi, real estate, konsumsi. Jadi, memang diperlukan sebuah proyek besar untuk menarik dan mendorong agar tingkat pertumbuhan (ekonomi) kita bisa lebih tinggi sampai rata-rata pada 2045," jelasnya.

Saat ini, menurut hitung-hitungan Suharso, bila proyek ibu kota negara baru tetap berjalan pada tahun ini, maka bisa menyumbang ekonomi sekitar 1,8 persen sampai 2,2 persen terhadap pertumbuhan Indonesia.

Kendati begitu, Suharso tak menampik bahwa daya dorong proyek ibu kota negara baru ke perekonomian tetap butuh faktor pendamping, yaitu pelaksanaan program vaksinasi nasional. Khususnya agar target vaksin ke 70 juta orang atau 39 persen dari estimasi 181,5 juta orang tercapai.

"Kalau itu terjadi, akan ada pull factor (faktor penarik) di dalam ekonomi kita dan orang akan trust (percaya). Kemudian, sektor-sektor lain akan ikut dengan sendirinya," pungkasnya. Dilansir dari CNNINDONESIA

(P.i)

Post a Comment

0 Comments