Ticker

6/recent/ticker-posts

Terlalu Banyak Pengecualian : Santri Dapat Dispensasi Larangan Mudik 2021 | LihatSaja.com

LIHATSAJA.COM - Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) mengecam aturan larangan mudik 2021 yang mendadak akan disertai dispensasi untuk santri.

MTI bukan tidak mendukung terbitnya larangan mudik 2021. Mereka menegaskan terlalu banyaknya permintaan dispensasi membuat larangan mudik 2021 untuk mencegah penyebaran Covid-19 seolah tidak ada gunanya.

Kecaman terkait dispensasi larangan mudik 2021 itu disampaikan oleh Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan MTI Pusat, Djoko Setijowarno dalam siaran pers Minggu 25 April 2021.

Pernyataan Djoko tersebut menanggapi permintaan Wakil Presiden Ma'ruf Amin yang meminta dispensasi larangan mudik 2021 bagi santri dari pondok pesantren.

"Jika pemerintah terlalu banyak memberikan dispensasi, kesannya pemerintah tidak serius untuk mengurangi penyebaran Covid-19 di saat mudik," ujar Djoko.

Menurut Djoko, permintaan dispensasi itu menciderai semangat pemerintah untuk benar-benar meredam kasus Covid-19, agar tidak seperti di India yang kasusnya melonjak sangat signifikan dan membahayakan kehidupan masyarakat.

"Banyak pihak sudah sepakat, sampai-sampai pengusaha bus yang terdampak besar mau mentaati pemerintah. Justru sekarang tiba-tiba ada permintaan dispensasi dari penguasa," ucap Djoko Setijowarno.

"Jika pemerintah terlalu banyak memberikan dispensasi, kesannya pemerintah tidak serius untuk mengurangi penyebaran covid-19 di saat mudik. Banyak pihak sudah sepakat, sampai-sampai pengusaha bus yang terdampak besar mau mentaati pemerintah," tuturnya.

"Justru sekarang tiba-tiba ada permintaan dispensasi dari penguasa," kata dia menegaskan.

Djoko khawatir, jika dispensasi larangan mudik 2021 terus diberikan kepada satu pihak, maka pihak-pihak lain juga akan meminta dispensasi yang sama.

Jika terjadi demikian, maka bisa dikatakan percuma aturan larangan mudik 2021 yang telah disepakati sebelumnya.

"Nanti akan banyak pihak yang meminta dispensasi. Bayangkan saja jika nanti Ketua MPR, Ketua DPR serta para ketua partai minta dispensai, apa gunanya aturan yang sudah dibuat susah-susah," ujar Djoko.

"Cabut saja semua aturan mudik yang sudah dibuat, karena nanti terlalu banyak dispensasi yang diminta," kata pengurus MTI itu.




(R. G. D)

Post a Comment

0 Comments